UJI BEDA
A.
Independent
Sample t-test
Kasus : pada sejumlah siswa di suatu
sekolah, diterapkan dengan dua model pembelajaran yang berbeda. Model
pembelajaran yang pertama adalah dengan model cermah dari guru yang aktif,
sedangkan model pembelajaran yang kedua adalah siswa yang aktif dengan melakukan
bentuk pembelajaran diskusi kelompok. Dari kedua model ini akan dilihat
hasilnya melalui kecerdasan masing-masing siswa melalui nilai akademik yang
diperolehnya.
Ketentuan:
Metode ceramah diberi kode 1
Metode diskusi diberi kode 2
Hipotesis:
H0 : tidak
ada perbedaan kecerdasan siswa antara model pembelajaran ceramah dengan model
pembelajaran diskusi kelompok
Ha : ada
perbedaan kecerdasan siswa antara model pembelajaran ceramah dengan model
pembelajaran diskusi kelompok
Hasil
Analisis
Group Statistics
|
|||||
Model
|
N
|
Mean
|
Std.
Deviation
|
Std.
Error Mean
|
|
Kecerdasan
|
1,00
|
30
|
69,0000
|
8,03012
|
1,46609
|
2,00
|
30
|
82,6667
|
7,84915
|
1,43305
|
Dari
hasil perhitungan spss di atas, diketahui bahwa nilai rata-rata dari hasil
belajar siswa dengan model pembelajaran ceramah adalah 69. Sedangkan nilai
rata-rata dari hasil belajar siswa dengan model pembelajaran diskusi kelompok
adalah 82,67.
Independent
Samples Test
|
||||||||||
Levene's
Test for Equality of Variances
|
t-test
for Equality of Means
|
|||||||||
F
|
Sig.
|
t
|
df
|
Sig. (2-tailed)
|
Mean
Difference
|
Std.
Error Difference
|
95%
Confidence Interval of the Difference
|
|||
Lower
|
Upper
|
|||||||||
Kecerdasan
|
Equal variances assumed
|
,530
|
,470
|
-6,666
|
58
|
,000
|
-13,66667
|
2,05014
|
-17,77046
|
-9,56287
|
Equal variances not assumed
|
-6,666
|
57,970
|
,000
|
-13,66667
|
2,05014
|
-17,77051
|
-9,56282
|
a. Uji
homogenitas
Kriteria:
Signifikansi α < 0,05 artinya data
tidak homogen
Signifikansi α > 0,05 artinya data
homogen
Berdasarkan
tabel di atas, diketahui bahwa nilai signifikansi untuk uji homogenitas adalah
0,470>0,05, artinya tidak ada perbedaan varians antara kecerdasan siswa
dengan model pembelajaran ceramah dan model pembelajaran diskusi kelompok.
b.
Uji beda / Hipotesis
Kriteria :
Data homogen, maka lihat angka signifikansi pada equal variances assumed
Data tidak homogen,
maka lihat angka signifikansi pada equal
variances not assumed
Berdarkan uji homegenitas yang telah
dilakukan, maka dapat dilihat bahwa data kecerdasan antara model pembelajaran
ceramah dengan diskusi kelompok memiliki nilai homogenitasm artinya yang
dilihat adalah pada kriteria equal
variances assumed. Pada baris tersebut diketahui bahwa nilai signifikansi adalah
sebesar ,000 < 0,05. Artinya, Ha diterima dapat
diartikan bahwa ada perbedaan kecerdasan siswa antara model pembelajaran
ceramah dengan model pembelajaran diskusi kelompok.
B.
Paired Sample t-test
Kasus : Pada
sejumlah siswa di sekolah akan diterapkan model baru dengan pembelajaran
diskusi. Untuk melihat keefektivan model pembelajaran ini diterapkan pada
siswa, maka perlu dilakukan pengujian bagaimana tingkat pemahaman siswa yang
dilihat dari indikator nilai ulangan terhadap keberhasilan model pembelajaran antara
sebelum penerapan model pembelajaran ini dan sesudahnya.
Hipotesis:
H0 : tidak
ada perbedaan pemahaman siswa sebelum penerapan model pembelajaran diskusi
ceramah dengan setelah pemahaman siswa sesudah penerapan model pembelajaran
diskusi ceramah.
Ha : ada
perbedaan pemahaman siswa sebelum penerapan model pembelajaran diskusi ceramah
dengan setelah pemahaman siswa sesudah penerapan model pembelajaran diskusi
ceramah.
Hasil Analisis
a.
Data statistik
Paired
Samples Statistics
|
|||||
Mean
|
N
|
Std.
Deviation
|
Std.
Error Mean
|
||
Pair 1
|
Sebelum
|
68,6667
|
30
|
7,30297
|
1,33333
|
Sesudah
|
82,0000
|
30
|
8,05156
|
1,47001
|
Dari
hasil tabel di atas, diketahui bahwa pemahaman rata-rata siswa terhadap materi
sebelumadanya diskusi kelompok adalalah sebesar 68,67, sedangkan setelah adanya
diskusi kelompok pemahaman siswa menjadi 82,000.
b.
Korelasi
Paired
Samples Correlations
|
||||
N
|
Correlation
|
Sig.
|
||
Pair 1
|
Sebelum & Sesudah
|
30
|
,164
|
,386
|
Berdasarkan
tabel di atas, diketahui bahwa nilai korelasi antara sebelum penerapan model
dikusi dengan setelah penerapan model diskusi adalah sebesar 0,164, artinya
korelasi yang dimiliki antara sebelum dan sesudah penerapan model sangat
rendah.
c.
Uji Hipotesis
Paired
Samples Test
|
|||||||||
Paired
Differences
|
t
|
df
|
Sig.
(2-tailed)
|
||||||
Mean
|
Std.
Deviation
|
Std.
Error Mean
|
95%
Confidence Interval of the Difference
|
||||||
Lower
|
Upper
|
||||||||
Pair 1
|
Sebelum –
Sesudah
|
-13,33333
|
9,94236
|
1,81522
|
-17,04587
|
-9,62079
|
-7,345
|
29
|
,000
|
Kriteria :
H0 diterima jika sig> 0,05
Ha diterima jika sig < 0,05
H0 : tidak
ada perbedaan pemahaman siswa sebelum penerapan model pembelajaran diskusi
ceramah dengan setelah pemahaman siswa sesudah penerapan model pembelajaran
diskusi ceramah.
Ha : ada
perbedaan pemahaman siswa sebelum penerapan model pembelajaran diskusi ceramah
dengan setelah pemahaman siswa sesudah penerapan model pembelajaran diskusi
ceramah.
Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa taraf signfikansi model sebesar 0,000 < 0,005, artinya Ha diterima. Sehingga ada perbedaan pemahaman siswa sebelum penerapan model pembelajaran diskusi ceramah dengan setelah pemahaman siswa sesudah penerapan model pembelajaran diskusi ceramah.
C.
One
way ANOVA
Kasus : Pada
sejumlah siswa di sekolah akan diterapkan beberapa model pembelajaran, untuk
selanjutnya dipilih model mana yang paling cocok untuk meningkatkan kecerdasan
siswa. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk diujikan dengan beberapa
model. Tujuannya adalah untuk mengetahui model mana yang paling efektif yang
digunakan untuk pembelajaran siswa. Model tersebut adalah model pembelajaran
ceramah, model pembelajaran diskusi, model pembelajaran praktikum. Dengan
sampel uji pada masing-masing kelompok adalah 30 siswa.
Ketentuan:
Metode ceramah diberi kode 1
Metode diskusi diberi kode 2
Metode praktikum diberi kode 3
Data
harus normal, jadi perlu diuji kenormalannya
Hipotesis:
H0 : tidak
ada perbedaan kecerdasan siswa antara model pembelajaran ceramah, model pembelajaran
diskusi kelompok dan model pembelajaran praktikum
Ha : ada
perbedaan kecerdasan siswa antara model pembelajaran ceramah, model
pembelajaran diskusi kelompok dan model pembelajaran praktikum.
Hasil Analisis
a.
Uji Normalitas Data
Tests of
Normality
|
|||||||
Model
|
Kolmogorov-Smirnova
|
Shapiro-Wilk
|
|||||
Statistic
|
df
|
Sig.
|
Statistic
|
df
|
Sig.
|
||
Kecerdasan
|
Ceramah
|
,143
|
30
|
,120
|
,940
|
30
|
,092
|
Diskusi Kelompok
|
,119
|
30
|
,200*
|
,947
|
30
|
,143
|
|
Praktikum
|
,182
|
30
|
,012
|
,955
|
30
|
,227
|
|
*. This is a lower bound of the true significance.
|
|||||||
a. Lilliefors Significance Correction
|
Kriteria
:
Sig
> 0,05 data normal
Sig
< 0,05 data tidak normal
Berdarakan
data di atas diketahui bahwa nilai signifikansi dari ceramah, diskusi kelompok,
praktikum memiliki nilai signifikansi > 0,05 sehingga semua data
berditsribusi normal. Artinya data tersebut dapat dilakukan uji ANOVA.
b.
Uji Homogenitas
Sig > 0,05 tidak ada
varians
Sig < 0,05 ada varians
Test of
Homogeneity of Variances
|
|||
Kecerdasan
|
|||
Levene
Statistic
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
2,000
|
2
|
87
|
,142
|
Tes ini bertujuan untuk
menguji berlaku tidaknya asumsi untuk ANOVA, yaitu apakah kelompok sampel
mempunyai variansi yang sama. Uji keseragaman variansi menunjukkan probabilitas
atau signifikansi 0,142 > 0,05 maka sesuai dengan kriteria pengujian dapat
disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) diterima, yang berarti asumsi bahwa
varian populasi adalah sama (homogen) dapat diterima.
c.
ANOVA
ANOVA
|
|||||
Kecerdasan
|
|||||
Sum of
Squares
|
df
|
Mean
Square
|
F
|
Sig.
|
|
Between Groups
|
98,822
|
2
|
49,411
|
1,512
|
,226
|
Within Groups
|
2843,633
|
87
|
32,685
|
||
Total
|
2942,456
|
89
|
Setelah
diketahui bahwa varians terbukti sama, memiliki nilai homogenitas yang sama,
maka baru bisa dilakukan uji ANOVA. Berdasarkan pada tabel ANOVA di atas,
diketahui bahwa nilai signifikansi 0,226 > 0,05 bahwa H0 diterima artinya
tidak ada beda kecerdasan siswa antara model pembelajarn ceramah, diskusi
kelompok, dan praktikum.
d.
Post
Hoc
Multiple
Comparisons
|
|||||||
Dependent Variable: Kecerdasan
|
|||||||
(I) Model
|
(J) Model
|
Mean
Difference (I-J)
|
Std.
Error
|
Sig.
|
95% Confidence
Interval
|
||
Lower
Bound
|
Upper
Bound
|
||||||
Bonferroni
|
Ceramah
|
Diskusi Kelompok
|
-2,56667
|
1,47615
|
,257
|
-6,1702
|
1,0368
|
Praktikum
|
-1,30000
|
1,47615
|
1,000
|
-4,9035
|
2,3035
|
||
Diskusi Kelompok
|
Ceramah
|
2,56667
|
1,47615
|
,257
|
-1,0368
|
6,1702
|
|
Praktikum
|
1,26667
|
1,47615
|
1,000
|
-2,3368
|
4,8702
|
||
Praktikum
|
Ceramah
|
1,30000
|
1,47615
|
1,000
|
-2,3035
|
4,9035
|
|
Diskusi Kelompok
|
-1,26667
|
1,47615
|
1,000
|
-4,8702
|
2,3368
|
||
Tamhane
|
Ceramah
|
Diskusi Kelompok
|
-2,56667
|
1,54390
|
,276
|
-6,3676
|
1,2342
|
Praktikum
|
-1,30000
|
1,52558
|
,782
|
-5,0573
|
2,4573
|
||
Diskusi Kelompok
|
Ceramah
|
2,56667
|
1,54390
|
,276
|
-1,2342
|
6,3676
|
|
Praktikum
|
1,26667
|
1,35132
|
,728
|
-2,0558
|
4,5892
|
||
Praktikum
|
Ceramah
|
1,30000
|
1,52558
|
,782
|
-2,4573
|
5,0573
|
|
Diskusi Kelompok
|
-1,26667
|
1,35132
|
,728
|
-4,5892
|
2,0558
|
Post Hoc dilakukan
untuk mengetahui model pembelajaran mana yang memberikan pengaruh signifikan
terhadap perbedaan tingkat kecerdasan siswa. Uji post hoc merupakan uji
kelanjutan dari uji ANOVA, namun diketahui diawal bahwa nilai ANOVA menunjukkan
tidak ada perbedaan signifikan antar model pembelajaran, sehingga post hoc
menunjukkan tidak ada model pembelajaran tertentu yang memberikan pengaruh pada
tingkat kecerdasan.
D.
FAKTORIAL
ANOVA
Kasus : Pada
sejumlah siswa di sekolah yang terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan, akan
diterapkan beberapa model pembelajaran, untuk selanjutnya dilihat model mana
yang paling cocok untuk meningkatkan prestasi siswa. Masing-masing kelompok
siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 30 siswa masing-masingnya, kemudian akan
dibagi masing-masing 10 pada tiap kelompok untuk diterapkan model pembelajaran
ceramah, diskusi kelompok, dan praktikum
Ketentuan :
Kelompok siswa laki-laki
diberi kode 1
Kelompok siswa
perempuan diberi kode 2
Kategori model
pembelajaran ceramah diberi kode 1
Kategori model
pembelajaran dikusi kelompok diberi kode 2
Kategori model
pembelajaran praktikum diberi kode 3
Diasumsikan data telah
normal setelah melakukan pengujian normalitas data
Asumsi ANOVA data
homogen atau tidak ada varians
Hipotesis
H1 : ada
perbedaan antara prestasi siswa antara siswa laki-laki dan perempuan
H2 : ada
perbedaan anatara prestasi siswa antara model pembelajaran ceramah, diskusi
kelompok, dan model pembelajaran praktikum
H3 : ada
pengaruh secara bersama antara gender siswa dan model pembelajaran terhadap
prestasi siswa
Analisis Hasil
a.
Uji Homogenitas
Sig > 0,05 tidak ada
varians
Sig < 0,05 ada varians
Levene's
Test of Equality of Error Variancesa
|
|||
Dependent Variable: Prestasi
|
|||
F
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
2,629
|
5
|
54
|
,034
|
Tests the null hypothesis that the error variance of the
dependent variable is equal across groups.
|
|||
a. Design: Intercept + Gender + Model + Gender * Model
|
Dari model
diketahui bahwa niali signifikansi 0,034 < 0,05 artinya tidak
signifikan,hipotesis nol diterima. Sehingga disimpulkan bahwa tidak ada beda
varians, yang artinya data tidak homogen, maka asumsi ANOVA tentang homogenitas
tidak terpenuhi.
b.
Uji ANOVA
Asumsi
Sig < 0,05 artinya hipotesis
alternatif diterima
Sig > 0,05 artinya hipotesis nol
diterima
H1 : ada perbedaan antara prestasi siswa antara
siswa laki-laki dan perempuan
H2 : ada
perbedaan anatara prestasi siswa antara model pembelajaran ceramah, diskusi
kelompok, dan model pembelajaran praktikum
H3 : ada
pengaruh secara bersama antara gender siswa dan model pembelajaran terhadap
prestasi siswa
Tests of
Between-Subjects Effects
|
|||||
Dependent Variable: Prestasi
|
|||||
Source
|
Type III
Sum of Squares
|
df
|
Mean
Square
|
F
|
Sig.
|
Corrected Model
|
815,800a
|
5
|
163,160
|
90,273
|
,000
|
Intercept
|
336600,600
|
1
|
336600,600
|
186233,939
|
,000
|
Gender
|
173,400
|
1
|
173,400
|
95,939
|
,000
|
Model
|
641,100
|
2
|
320,550
|
177,353
|
,000
|
Gender * Model
|
1,300
|
2
|
,650
|
,360
|
,700
|
Error
|
97,600
|
54
|
1,807
|
||
Total
|
337514,000
|
60
|
|||
Corrected Total
|
913,400
|
59
|
|||
a. R Squared = ,893 (Adjusted R Squared = ,883)
|
Hasil uji Anova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
langsung antara variabel gender dan model pembelajaran. Gender memberikan nilai
sifgnifikansi 0,00 < 0,00 yang artinya ada perbedaan antara
prestasi siswa antara siswa laki-laki dan perempuan. Model pembelajaran memiliki nilai
signifikansi 0,00 < 0,005, hal ini berarti ada perbedaan anatara
prestasi siswa antara model pembelajaranceramah, diskusi kelompok, dan model
pembelajaran praktikum.
Hasil interaksi antara gender dengan model
pembelajaran memberikan nilai F hitung sebesar 0,36 dan signifikan pada 0,700
> 0,005. Hal ini berarti ada pengaruh secara bersama antara
gender siswa dan model pembelajaran terhadap prestasi siswa.
Nilai adjusted R square memiliki nilai 0,883 artinya
gender (laki-laki dan perempuan) dan model pembelajaran (ceramah, diskusi
kelompok, dan praktikum) memberikan pengaruh terhadap prestasi siswa sebesar
88,33%
E.
MANOVA
Kasus : Pada
sejumlah siswa di sekolah akan diterapkan beberapa model pembelajaran, untuk
selanjutnya dipilih model mana yang paling cocok untuk meningkatkan prestasi
siswa dan pemahaman siswa terhadap materi. Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok, untuk diujikan dengan beberapa model. Tujuannya adalah untuk
mengetahui model mana yang paling efektif yang digunakan untuk pembelajaran
siswa agar dapat meningkatkan prestasi siswa dan pemahaman materi. Model
tersebut adalah model pembelajaran ceramah, model pembelajaran diskusi, model
pembelajaran praktikum. Dengan sampel uji pada masing-masing kelompok adalah 30
siswa.
Ketentuan:
Metode ceramah diberi kode 1
Metode diskusi diberi kode 2
Metode praktikum diberi kode 3
Hipotesis:
H1 : ada
perbedaan prestasi siswa antara model pembelajaran ceramah, model pembelajaran
diskusi kelompok dan model pembelajaran praktikum.
H2 : ada
perbedaan pemahaman siswa antara model pembelajaran ceramah, model pembelajaran
diskusi kelompok dan model pembelajaran praktikum.
Hasil Analisis
a. Uji
Homogenitas
Kriteria
Sig
> 0,05 tidak ada varians
Sig
< 0,05 ada varians
Levene's
Test of Equality of Error Variancesa
|
||||
F
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
|
Prestasi
|
1,629
|
2
|
84
|
,202
|
Pemahaman
|
4,886
|
2
|
84
|
,010
|
Tests the null hypothesis that the error variance of the
dependent variable is equal across groups.
|
||||
a. Design: Intercept + Model
|
Dari tabel di atas,
diketahui bahwa pada variabel prestasi nilai signifikansinya 0,202 > 0,05
artinya tidak ada perbedaan varians pada prestasi siswa dengan model
pembelajaran ceramah, diskusi kelompok, dan praktikum. Sedangkan pada variabel
peahaman siswa, diketahui bahwa nilai signifikansi 0,010 < 0,05 artinya ada
perbedaan varians antara model pembelajaran ceramah, diskusi kelompok, dan
praktikum.
b. Uji
Homogenitas varians
Box's
Test of Equality of Covariance Matricesa
|
|
Box's M
|
11,107
|
F
|
1,787
|
df1
|
6
|
df2
|
164218,999
|
Sig.
|
,097
|
Tests the null hypothesis that the observed covariance matrices of
the dependent variables are equal across groups.
|
|
a. Design: Intercept + Model
|
Kriteria
H0 : matriks varian /kovarian dari
variabel dependen sama
H1 : varian/kovarian dari variabel
dependen tidak sama
Ha diterima jika Sig < 0.05
Dari tabel di atas diketahui bahwa
signifikansi 0,097 > 0,05 sehingga diketahui bahwa matriks kovarian tidak
ada beda
c. Uji
MANOVA
Multivariate
Testsa
|
||||||
Effect
|
Value
|
F
|
Hypothesis
df
|
Error df
|
Sig.
|
|
Intercept
|
Pillai's Trace
|
,998
|
16910,582b
|
2,000
|
83,000
|
,000
|
Wilks' Lambda
|
,002
|
16910,582b
|
2,000
|
83,000
|
,000
|
|
Hotelling's Trace
|
407,484
|
16910,582b
|
2,000
|
83,000
|
,000
|
|
Roy's Largest Root
|
407,484
|
16910,582b
|
2,000
|
83,000
|
,000
|
|
Model
|
Pillai's Trace
|
,074
|
1,615
|
4,000
|
168,000
|
,173
|
Wilks' Lambda
|
,926
|
1,626b
|
4,000
|
166,000
|
,170
|
|
Hotelling's Trace
|
,080
|
1,637
|
4,000
|
164,000
|
,167
|
|
Roy's Largest Root
|
,079
|
3,313c
|
2,000
|
84,000
|
,041
|
|
a. Design: Intercept + Model
|
||||||
b. Exact statistic
|
||||||
c. The statistic is an upper bound on F that yields a lower
bound on the significance level.
|
Berdasarkan pada hasil di atas, diketahui bahwa nilai hoteling trace memiliki nilai signifikansi 0,167 > 0,05 artinya model pembelajaran tidak memliki hubungan dua variabel dependen (prestasi siswa dan pemahaman materi).
d.
Uji Hipotesis
Tests of
Between-Subjects Effects
|
||||||
Source
|
Dependent Variable
|
Type III
Sum of Squares
|
df
|
Mean
Square
|
F
|
Sig.
|
Corrected Model
|
Prestasi
|
88,692a
|
2
|
44,346
|
1,369
|
,260
|
Pemahaman
|
141,377b
|
2
|
70,688
|
2,010
|
,140
|
|
Intercept
|
Prestasi
|
568637,613
|
1
|
568637,613
|
17558,955
|
,000
|
Pemahaman
|
576365,093
|
1
|
576365,093
|
16388,748
|
,000
|
|
Model
|
Prestasi
|
88,692
|
2
|
44,346
|
1,369
|
,260
|
Pemahaman
|
141,377
|
2
|
70,688
|
2,010
|
,140
|
|
Error
|
Prestasi
|
2720,296
|
84
|
32,384
|
||
Pemahaman
|
2954,141
|
84
|
35,168
|
|||
Total
|
Prestasi
|
573454,000
|
87
|
|||
Pemahaman
|
580238,000
|
87
|
||||
Corrected Total
|
Prestasi
|
2808,989
|
86
|
|||
Pemahaman
|
3095,517
|
86
|
||||
a. R Squared = ,032 (Adjusted R Squared = ,009)
|
||||||
b. R Squared = ,046 (Adjusted R Squared = ,023)
|
Kriteria :
Ha
diterima jika Sig < 0.05
Test
of between subject effect menguji pegaruh univariate ANOVA untuk setiap faktor
terhadap variabel dependen. Dari tabel di atas diketahui bahwa nilai signifikansi
antara kategori model dengan prestasi siswa adalah sebesar 0,260 > 0,05 sehigga H1 di tolak, artinya tidak ada
perbedaan prestasi siswa antara model pembelajaran ceramah, model pembelajaran
diskusi kelompok dan model pembelajaran praktikum. Sedangkan hubungan antara
model pembelajaran dengan pemahaman siswa memiliki nilai signifikansi sebesar 0,140
> 0,05 sehingga H2 di tolak, artinya tidak ada perbedaan pemahaman siswa
antara model pembelajaran ceramah, model pembelajaran diskusi kelompok dan
model pembelajaran praktikum.
Berdasarkan
niali adjusted R sqaure yang muncuk di atas, diketahui nilai adjusted R square
untuk variabel prestasi siswa sebesar 0,009 atau 0,9 %. Sedangkan nilai R
square untuk variabel pemahaman siswa sebesar 0,23 atau 23 %.
Created by Rischa Inung
Fauziah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar